29.4 C
Serang, ID
Rabu, 21 Februari, 2024
Spn Komplain Media
Bidang PPAkesehatanTerbaru

Buruh Perempuan Wajib Tauu Nih, Beda Nyeri Mens Dengan Nyeri Penyakit Endmetriosis



SPNKomplainMedia – Salam hangat dari redaksi, Sahabat buruh semua berikut SKM sedikit berbagi khusunya untuk sahabat buruh perempuan , teman – teman buruh perempuan khususnya kita cenderung mendiagnosis suatu penyakit berdasarkan gejala yang kita rasakan. 


Namun bagi wanita, ada satu kondisi yang sulit untuk didiagnosis berdasarkan gejalanya yaitu penyakit endometriosis, Endometriosis adalah suatu kelainan di mana adanya jaringan rahim (endometrium) yang berada di luar dari rahim. Lokasi endometriosis tersering adalah pada organ-organ di dalam rongga panggul (pelvis), seperti indung telur (ovarium) dan lapisan yang melapisi rongga abdomen (peritoneum) ,  Sebab nyeri yang timbul akibat penyakit ini hampir sama rasanya dengan nyeri menstruasi yang biasa terjadi.


Menurut artikel lansiran dari thehealthsite.com, Dr Anagha Karkhanis, seorang ginekolog dari Cocoon Fertility, Thane menjelaskan bagaimana cara membedakannya.
“Selama menstruasi, biasanya kamu akan mengalami nyeri perut di bagian bawah yang biasanya akan mereda dalam 1-2 hari. Namun jika kamu menderita endometriosis, rasa sakit yang muncul akan lebih dalam. Sebabnya, sel enometrium yang ada di usus, rektum, kandung kemih, atau rongga pelvis mulai berdarah saat kamu mengalami menstruasi. Sehingga ketika pendarahan mikroskopik ini terjadi, kamu akan mengalami rasa sakit yang teramat sangat,” terangnya.
“Tak hanya itu, rasa sakit akibat endometriosis akan dimulai 1 minggu sebelum menstruasi di perut bagian bawah. Sebabnya karena endometriosis di rongga pelvis bisa menyebabkan timbulnya jaringan parut atau adhesi (jaringan yang terhubung dengan organ lain).”
Masih menurut keterangan Dr Anagha, rasa nyeri karena endometriosis juga akan muncul saat kamu bersenggama atau malah hanya muncul di satu sisi perut, yang tidak akan terjadi ketika kamu mengalami menstruasi biasa.

Jadi apakah sahabat buruh sering mengalami nyeri diatas? ayooo  periksakan segera untuk mengetahui apa penyebab sebenarnya,semoga tips dari kami bisa membantu untuk sahabat buruh semuanya(Coco_SKM)



Related posts

Triwulan PASEBAN, Graha Cisait Kragilan

Koidul Khair

PSP SPN PT Eagle Nice Indonesia ,Peduli Korban Kebakaran

Koidul Khair

Lanjut Aksi SPN CBS

Koidul Khair

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat menyisih jika mau. Terima Baca selengkapnya

Redaksi About Menu Kontak Galeri