23.4 C
Serang, ID
Selasa, 25 Juni, 2024
Spn Komplain Media
All LabelFotoNasional

Menteri Akui Proyek Nasional Akui Keterlibatan Pekerja Asing

Jakrta,SPNkomplainMedia –  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono mengakui jika dalam melakukan pengerjaan proyek di beberapa tempat di Indonesia, pihaknya melibatkan dan menggunakan tenaga kerja asing. 


Mereka yang jumlahnya tidak lebih mencapai seratus ini difungsikan sebagai tenaga konsultan dalam proses proyek kerja sama antara Indonesia dan negaranya.

“Seperti yang disampaikan, kalau tenaga asing khususnya China, itu kalau ada loan kita. Itu kalau ada beberapa tenaga asing. Kalau loan Jepang, ada paling juga konsultannya,” kata Basuki usai meninjau jalan tol Batang-Pemalang, Minggu (8/1).

Selain tenaga konsultan dan kerja sama, Basuki juga meyakinkan jika penggunaan tenaga kerja asing untuk penerapan teknologi terbarukan. Sebab tidak ada tenaga kerja Indonesia yang mampu untuk melakukan keahlian tersebut. Itupun mereka mendapatkan pendamping dari tenaga kerja di Indonesia selama bekerja di Indonesia.

“Kalau ada penerapan teknologi seperti persis Jembatan Ciliwung-KBT itu ada 13 orang Jepang, kita ikuti dengan dua orang Indonesia karena baru kita pakai,” akunya.

Basuki menyatakan jika tenaga kerja asing dari China yang terlibat dalam proyek tahun jamak atau mega proyek Kementerian PU-Pera tidak lebih jumlahnya dari 100 orang.

“Kalau dari China sendiri itu kita cuman sedikit. Paling di Manado, Belitung, sama di Rinda, Balikpapan. Enggak sampai 100, enggak ada paling,” ujarnya.

Basuki meyakinkan jika seluruh tenaga kerja asing baik China maupun Jepang yang terlibat proyek Kementerian PU-Pera membawa izin resmi untuk bekerja di Indonesia. Dirinya pun siap jika lembaga yang berwenang melakukan pengecekan terhadap warga asing yang bekerja bersama kementeriannya.

“(Izin) Oh ya, kan kalau saya lihat harus KSO juga dengan Wijaya Karya, dengan Adhi Karya, dengan lokal kan begitu. Jadi kalau di PU, mestinya harus kita punya. Mestinya, satu dua hari lah kalau mau dicek. Pasti nanti ada pertanyaan,” pungkasnya.(Coco_SPNKomplainMedia)

Related posts

PSP SPN PT King Land,Adakan Rapat Koordinasi Aksi Mogok Kerja

Koidul Khair

Surat Instruksi Aksi DPD SPN Provinsi Banten

Koidul Khair

Pelatihan Laskar Nasional SPN Nikomas

Koidul Khair

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat menyisih jika mau. Terima Baca selengkapnya

Redaksi About Menu Kontak Galeri