29.5 C
Serang, ID
Rabu, 21 Februari, 2024
Spn Komplain Media
All LabelberitaTarget

PSP SPN PT.Nikomas Gemilang Lantik 106 Perwakilan Anggota

SPNKomplainMedia- Dengan
beberapa tahap seleksimulai dari mengenal lingkungan di sekitar serta
mengikuti beberapa pelatihan yang dilakukan oleh bidang Organisasi
dan Kaderisasi, Akhirnya Serikat Pekerja Nasional (SPN) PT.Nikomas
Gemilang telah resmi melantik 106 orang diangkat sebagai Perwakilan
Anggota (PA) untuk masa bhakti 2016-2019.



           Perjalanan diawali dari BTN kragilan sebagai titik kumpul pemberangkatan. Para peserta pelantikan yang berjumlah 106 orang ini dikumpulkan dan diberangkatkan dengan 2 armada bus dan 6 mobil  minibus  menuju lokasi diadakannya kegiatan pelantikan pada sabtu 22 oktober 2016 pukul 07.00 wib.   


            Derasnya air hujan ditambah dinginnya cuaca pada pagi itu tetap tidak menyurutkan niat para peserta untuk berangkat menuju lokasi kegiatan. Lembah  Hijau Bandulu Anyer atau lebih dikenal LHB menjadi tempat tujuan para peserta pelantikan.
             Suasana bukit terlihat asri dan alami yang dikelilingi pohon kecapi,pohon jati dan juga pohon-pohon besar yang rindang ser ta  dibawahnya terlihat beberapa kolam,area persawahan dan perkebunan ini sontak memanjakan mata para peserta yang sampai pada lokasi tersebut tepat  pukul 10.00 wib.


        Dari awal kedatangan, para peserta disambut dan  dipandu oleh 2 orang pegawai LHB menuju sebuah aula yang sudah disiapkan oleh panitia. Terdapat 2 aula dimana pojok sebelah kanan aula berukuran 6x8M lengkap dengan fasilitas kamar mandi dan toilet serta dipojok kiri aula utama yang berukuran 10x10M plus fasilitas cabin dengan jumlah tampung 90 orang, dan juga didepan aula utama terlihat deretan tenda berukuran sedang dan besar yang nantinya dipakai untuk tempat istirahat para peserta.


                  Selama diruang aula, para peserta memisahkan diri dan berkumpul sesuai dengan kelompoknya masing-masing yang memang seminggu sebelum pemberangkatan,bidang organisasi dan kaderisasi telah membagi para peserta ini menjadi 5 tim diantaranya tim hitam,tim biru,tim kuning,tim hijau dan juga tim merah. Pukul 10.30 wib diawali proses induksi dari bidang organisasidengan memberikan pemahaman tentang tata  tertib selama pelatihan. Acara tersebut diawali dengan dilakukannya upacara pembukaan pelatihan yang berlangsung disebuah lapangan sampai saat jam makan siang  tiba.


            Tepat pukul 13.00 wib acara dimulai kembali dengan membagi para peserta di dua aula yang disediakan fasilitator dimana peserta disuguhkan materi “Penyampaian Keluh Kesah”dengan trainer Sri Lestari dan juga materi “Pengenalan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dengan trainer Suprihat. Pemberian materi ini masing-masing berdurasi 2 jam yang berakhir pada pukul 17.30 wib dan selanjutnya para peserta diajak untuk beristirahat serta  melakukan sholat dan makan bersama sampai dengan pukul 19.30 wib.


            Pada sesi kedua yang dimulai pukul 19.00 wib acara dilanjutkan dengan pengisian materi tentang “ Napak Tilas Pergerakan Serikat Pekerja dan Serikat Buruh di Indonesia ” yang di isi langsung oleh Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Asep Saepulloh SH.MM serta menjabarkan secara selektif terbentuknya Organisasi Serikat Pekerja Nasional dan pergerakannya. Pengisian materi ini berakhir pukul 22.30 wib yang selanjutnya pria yang akrab disapa Bung Asep ini memimpin sesi refleksi dan relaxasi kepada para peserta sampai pukul 23.00 wib. Selama 2 hari dari sabtu sampai minggu 22-23 Oktober 2016,para peserta digembleng dan dilantik untuk menjadi perwakilan anggota (PA) masa bhakti 2016-2019.


           Kegiatan ini bertajuk “Perwakilan Anggota yang Hebat sebagai Modal Organisasi yang Kuat” yang digagas oleh bidang Organisasi dan Kaderisasi bertujuan melahirkan Perwakilan Anggota yang berkualitas sebagai mata tombak Organisasi SPN serta merujuk pada Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) bahwa Perwakilan Anggota merupakan bagian dari Badan Eksekutif SPN dan juga merupakan kelengkapan dari Pimpinan Serikat Pekerja (PSP) salahsatunya berfungsi sebagai penyampai aspirasi anggota kepada pengurus PSP-SPN.


Kegiatan ini juga merupakan ajang pembekalan kemampuan dan penguatan Tim SPN sesuai Misi yang diemban kepengurusan PSP-SPN Periode 2016-2019 yaitu tentang “ Peningkatan Tim Kerja dan Kerja Tim ”.



         Hari kedua pelatihan tepatnya minggu 23 Oktober 2016. Selesai melakukan senam komando dan juga sarapan pagi,para peserta ini kemudian dikumpulkan kembali untuk diberikan pelatihan.    

          
         Pukul 08.00 wib dengan dipandu oleh Suripno selaku fasilitator acara ini memberikan beberapa permainan yang sangat mengesankan. Acara kemudian disambung dengan pengisian materi yang di sampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pekerja Nasional (DPD-SPN) Provinsi Banten Ahmad Saukani yang menjelaskan dan meneruskan materi “ Napak Tilas Pergerakan Serikat Pekerja dan Serikat Buruh di Indonesia ” serta disambung pengisian materi yang kedua oleh Sekertaris DPD-SPN Provinsi Banten Yudi Supriadi SH.MM.

Masih dengan cuaca turun hujan diser tai dengan hawa dingin sekitar perbukitan mengurungkan niat panitia pelaksana untuk melakukan permainan outbond bagi para peserta,namun demikian acara permainan adu kekompakan tim ini tetap dilakukan didalam ruang aula.
Dengan beberapa pengarahan oleh Asep Saepulloh dan fasilitator,para peserta ini kemudian diadu kekompakan timnya dengan beberapa permainan diantaranya Lomba Senam Komando, Lomba menyanyikan lagu-lagu buruh,serta Lomba Teatrikal.
Seru,lucu,dan sangat mengesankan ter – lebih bagi para peserta ketika perform dalam perlombaan teatrikal. Seperti sebuah pewayangan,dimana para peserta tampil dengan perannya masing-masing,ada yang berperan sebagai dokter,perawat,pengawas pabrik,operator bahkan ada yang berperan sebagai dukun seperti yang dtapilkan oleh tim hitam yang mengangkat tema tentang pelayanann BPJS yang buruk.
Setelah semua perlombaan diikuti oleh peserta,selanjutnya para peserta ini kemudian digabung dalam satu kelompok besar yang dikomandani oleh Andi ketua kelompok tim hijau. Dengan dibekali satu bendera merah putih dan juga bendera SPN dan juga satu buah lilin,para peserta diminta untuk mencari api suci yang sengaja diletakkan dan disembunyikan oleh panitia disuatu tempat,para peserta pun menyebar kesegala penjuru untuk mencari keberadaan api suci yang nantinya api suci tersebut sebagai modal untuk membakar api unggun yang sudah disiapkan dalam satu lapangan.
Tidak segampang yang dibayangkan, – para peserta kemudian diberondong oleh serangan peluru air oleh panitia dengan tujuan memadamkan api suci yang sudah menyala, serangan demi serangan dilontarkan oleh panitia kepada peserta.
    Tidak kalah serangan,panitia yang ber jumlah 35 orang yang terdiri dari pengurus assistensi,komite dan juga laskar ini menja di bulan bulanannya para peserta yang membalas serangan demi serangan peluru air dari panitia.

Dengan kekompakan tim dari para peserta akhirnya api suci mampu membakar kayu-kayu yang telah tersusun ditengah lapangan. Dengan nafas masih terengah-engah setelah mengerjai dan dikerjai oleh para peserta,Asep saepulloh memberikan motivasi dan juga evaluasi bagi para peserta tentang makna 
dari permainan tersebut.
Tepat pukul 13.00 wib,acara kemudian dilan jutkan dengan pelantikan perwakilan anggota melalui prosesi upacara serta penyematan baju SPN secara simbolis oleh Ketua DPD-SPN Provinsi Banten kepada 5 orang peserta.
Selesai upacara pelantikan,panitia kemudian mengumumkan para pemenang dengan kategori Peserta wanita favorit diraih oleh Fiti Purwanti dari adidas dan peserta favorit pria diraih oleh Mujibi dari nike,leader terbaik diraih oleh Andi dari nike,Narator terbaik diraih oleh Triyono Juli,Yel-yel terbaik diraih oleh tim merah,Tim terbaik dan terkompak diraih oleh Tim hitam,dan juara pertama lomba senam komado,menyanyik an lagu buruh dan juga teatrikal diraih oleh Tim Hitam.
Mudah-mudahan perwakilan anggota yang sudah resmi dilantik untuk periode 2016-2019 mengemban amanah dengan baik bagi para anggota demi terwujudnya cita-cita organisasi.

Related posts

SPN Century Adakan Yasinan Bersama

Koidul Khair

MK Perintahkan Pemerintah dan DPR Perbaiki UU Cipta Kerja!

Koidul Khair

Klinik Hukum Sesion Empat DPC-SPN Kabupaten Serang

Koidul Khair

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat menyisih jika mau. Terima Baca selengkapnya

Redaksi About Menu Kontak Galeri