26.1 C
Serang, ID
Jumat, 16 Februari, 2024
Spn Komplain Media
sehatTerbaru

Waspada Lalat,Buruh Wajib Jaga Kesehatan





SPNKomplainMedia – Karena hidup di negara tropis, orang Indonesia cukup merasa familiar dengan keberadaan lalat, melihatnya terbang di luar rumah hingga masuk ke dalam rumah terkadang menjadi hal yang biasa, meskipun tak sedikit orang yang merasa jijik dengan adanya lalat.

Ya, lalat yang identik dengan hewan tidak higienis ini memang keberadaannya patut diwaspadai. Sebabnya mereka membawah ratusan spesies bakteri yang berbeda dan mampu membahayakan kesehatan kita khususnya kaum pekerja / buruh.

“Bakteri menggunakan lalat sebagai alat transportasi udara untuk berpindah secara bebas ke berbagai macam objek, termasuk makanan. Penelitian menunjukkan bahwa di dalam kaki dan sayap lalat mengandung keberagaman mikroba yang kemudian akan berkembang menjadi patogen,” ungkap Donald Bryant, peneliti dari Pennsylvania State University.

“Adanya bakteri ini disebabkan karena lalat sering terpapar kotoran dan objek tidak higienis lainnya. Akibatnya, saat mereka hinggap di objek yang bersih, maka bakteri yang dibawa akan tertinggal menempel dan kemudian berkembang biak. Salah satu contoh patogen yang paling sering mencemari tubuh manusia adalah patogen Helicobacter pylori yang akan menyebabkan luka di usus,” tambahnya.

Lalu, bagaimana caranya agar kita kaum buruh bisa terhindar dari kontaminasi lalat ini? Jawabannya tak lain adalah selalu jaga kebersihan tempat tinggal kita  dan amankan makanan atau minuman yang akan kita  konsumsi di tempat tertutup dan bersih agar tidak dihinggapi lalat, ingat sehat itu mahal kita kaum buruh juga wajib jaga makanan agar badan kita tetap sehat.(Coco_SKM)


Sumber: peneliti dari Pennsylvania State University.

Related posts

Buruh Gerah,Buruh Bergerak

Koidul Khair

Pelatihan Advokasi Dasar SPN Serang

Koidul Khair

Ancam Menginap Buruh Banten Tuntut Kenaikan Upah

Koidul Khair

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat menyisih jika mau. Terima Baca selengkapnya

Redaksi About Menu Kontak Galeri