29.7 C
Serang, ID
Sabtu, 17 Februari, 2024
Spn Komplain Media
Bidang PPAOlahragasehatTerbaru

Mengenal Sahabat Nusantara

SPNKomplainMedia – Salam hangat sahabat buruh/Pekerja Se – Nusantaraku tercinta. Siapa di antara teman-teman yang senang dan hobi dengan Mie? Kamu! Eh kamu juga, Baiklah mari kita kenali sahabat Nusantara kita yang satu ini.

   Siapa pula yang kenal dengan Mie Gomak? Ya, ini merupakan salah satu hidangan Nusantara yang sayang jika kita abaikan begitu saja. Untuk itu bagaimana jika kita sama-sama mengenalnya lebih dekat. Yuk!!!

    Mie Gomak adalah sajian kuliner mie yang berasal dari Daerah Batak. Hidangan yang juga merupakan spagetinya orang Batak ini cukup nendang di lidah lho! Bahan pembuatannya pun cukup sederhana yaitu terbuat dari bahan dasar Mie lidi (khas Batak) yang di rebus matang kemudian di padukan dengan tumis sayuran dan air kuah sedap.

    Aiiih, cukup sederhana bukan? Ayok lah jangan berlama-lama membayangkannya. Kita mulai mencobanya bersama. Dan berikut ini ialah resep penyajiannya:

Bahan-bahan

1/2 bungkus Mie lidi
10 siung Bawang merah
4 siung Bawang putih
1/4 kg Udang
1/4 bagian kol
3 lembar daun salam
2 cm jahe
15 buah cabe rawit hijau
10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit merah
1 buah tomat
Garam, gula, lada secukupnya
Penyedap rasa
1 batang Daun bawang
1 batang Seladri
Bawang goreng
Kerupuk
Timun

Langkah Pembuatan

• Didihkan air, masukkan minyak goreng. Kemudian masukkam Mie lidi, dan rebus hingga matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
(Fungsi minyak goreng, agar ketika di rebus mie tidak lengket di panci)
• Haluskan Bawang merah, Bawang putih. Iris kol sesuai selera. Iris Daun bawang dan Seladri. Potong-potong Tomat dan geprek Jahe.
• Tumis bumbu yang sudah di haluskan tadi. Masukkan juga Daun salam, jahe, tomat, dan cabe rawit hijau. Aduk-aduk hingga bumbu wangi. Kemudian masukkan udang, masak hingga matang.
• Setelah itu masukkan kol, aduk-aduk sebentar saja, kemudian masukkan Mie lidi. Tambahkan sedikit air agar Mie tidak terlalu kering, masukkan garam, gula, lada, dan penyedap rasa. Aduk-aduk hingga mie tercampur rata dengan bumbu. Kemudian masukkan Daun bawang dan Seladri. Aduk rata, setelah itu matikan kompor.
• Untuk membuat sambalnya, rebus cabe merah kriting, cabe rawit, dan 2 siung bawang putih. Setelah di rebus, haluskan semuanya. Kemudian sambal yang sudah di haluskan tadi tambahkan dengan air secukupnya.
• Sajikan Mie Gomak dengan taburan Bawang goreng, potongan timun dan tomat, serta kerupuk. Siram dengan kuah sambal sesuai selera
• Mie Gomak siap di sajikan

    Nah! Sahabat buruh demikianlah langkah penyajian sederhana Mie Gomak khas Batak, Medan. Sajian Mie ini bisa menjadi alternatif menu makan siang atau makan malam teman-teman dengan keluarga, sahabat, atau teman dekat, Eh!!!
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam Bhineka Tunggal Ika untuk Indonesia tercinta dari sahabat Nusantara.(OeyIey_SKM)

Related posts

TOF PSP SPN PT Nikomas Gemilang

Koidul Khair

Buka Bersama SPN Se Kab Serang

Koidul Khair

Pendidikan Dan Pelantikan PA PSP PT ENI

Koidul Khair

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat menyisih jika mau. Terima Baca selengkapnya

Redaksi About Menu Kontak Galeri